AJI Manado Bagi Ilmu Jurnalistik ke UKM Pers Politeknik Manado

pelatihan-jurnalistik-aji-manado-di-politeknik-negeri-manado_20150412_222834TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Belasan mahasiswa Politeknik Negeri Manado (Polimdo) yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers Polimdo mengikuti pelatihan jurnalistik tingkat menengah, Sabtu (11/4). UKM Pers Polimdo menggandeng Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado sebagai pemateri pelatihan yang dipusatkan di Gedung Direktur Polimdo.

Materi yang diberikan antara lain Kode Etik Jurnalistik dan UU Pers oleh Ketua AJI Manado, Yoseph Ikanubun; Teknik Meliput di Lapangan oleh Sekretaris AJI Manado, Fernando Lumowa, Penyusunan ToR-Pembuatan Berita oleh Ketua Divisi Pendidikan Fransiskus Talokon dan Perwajahan dan Tata Letak Pracetak oleh Divisi Perempuan dan Anak Erick Tambuwun.

Peserta yang datang dari berbagai jurusan ini antusias menyimak materi. Itu tergambar dari banyaknya pertanyaan yang diajukan. Mereka bertanya banyak hal seputar teknis dan praktek jurnalisme dewasa ini.

Misalnya, Verawati Alim. Ia bertanya seberapa jauh fungsi Kode Etik Jurnalistik menjiwai kinerja wartawan di lapangan serta seberapa penting UU Pers melindungi pekerja pers. Selain itu, peserta ingin tahu lebih jauh kendala yang dihadapi wartawan di lapangan, pelanggaran kode etik, sengketa pers hingga kebijakan redaksi media. Usai materi, peserta diberikan kesempatan menyusun rancangan liputan, melakukan reportase, menulis berita hingga menyiapkan perwajahan media kampus.

Febriyani Rahayu, Ketua UKM Pers Polimdo mengatakan, pelatihan ini merupakan lanjutan dari pelatihan dasar-dasar jurnalistik yang digelar 22 November 2014 di Sutanraja. Lewat pelatihan ini, belasan mahasiswa pegiat media internal Polimdo, The Champ semakin mahir.

“Kita berharap, kemampuan teman-teman melakukan reportase, menyusun berita hingga mempersiapkan produk jurnalistik The Champ makin baik,” jelas Febriyani. Ia mengatakan, The Champ merupakan media kampus yang terbit berkala dan dikelola sepenuhnya mahasiswa.

Ketua AJI Manado, Yoseph Ikanubun berharap, pasca pelatihan tersebut, kualitas pegiat UMK Pers Polimdo meningkat. “Sehingga mereka bisa menghasilkan media kampus yang benar-benar memenuhi kaidah jurnalistik,” jelasnya.

Posted in Berita.