Ikanubun – Lumowa Pimpin AJI Manado

00

Manado – Forum Konferensi Kota (Konferta) Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado yang digelar di Hotel Tontemboan Manado, Sabtu (21/03) akhir pekan lalu, berhasil memilih dan menetapkan Yoseph E Ikanubun dan Fernando Lumowa sebagai Ketua dan Sekretaris AJI Manado Periode 2015 – 2018. Ikanubun dan Lumowa terpilih secara aklamasi setelah dua pasangan lainnya, Fransiskus Talokon – Donny Turang, dan Syarif Litty – Simon Making mundur dari pencalonan.

“Karena hanya ada satu pasangan calon, maka saudara Yoseph E Ikanubun dan Fernando Lumowa ditetapkan sebagai Ketua dan Sekretaris AJI Manado Periode 2015 – 2018,” tegas Pimpinan Sidang, Nolfie Tamod.

Ikanubun didampingi Lumowa menyatakan terima kasih atas kepercayaan anggota AJI. Menurut keduanya, tantangan ke depan akan lebih sulit untuk menjaga integritas jurnalis serta independensi media. “Tantangan AJI ke depan sangat besar termasuk independensi media. AJI berkomitmen menjadikan profesi jurnalis tetap independen, profesional dan beretika,” tegas keduanya.

Tantangan lainnya, lanjut Ikanubun dan Lumowa, AJI berupaya agar jurnalis memiliki kompetensi standar serta mendapatkan hak untuk sejahtera. Persoalan yang kerap dihadapi dewasa ini ialah banyak media yang melakukan rekrutmen wartawan secara instan tanpa membekalinya dengan keterampilan serta pemahaman kode etik jurnalistik. “Tak bisa dipungkiri, masih banyak pelanggaran kode etik yang terjadi. Itu tantangan AJI dan kita berupaya agar itu tak terjadi,” jelas Ikanubun dan Lumowa.

Diketahui, rangkaian seminar lingkungan hidup dan Konferta ini dibuka secara langsung oleh Anggota Divisi Pendidikan, AJI Indonesia Ratna Ariyanthi.

Seminar itu menghadirkan sejumlah pembicara seperti Rony Rusdiansyah , external communication manager AQUA Group Regional III,  Verico Ngangi dari PT Tirta Investama Airmadidi, Dr Ir Linda Tondobala DEA, Koordinator Pusat Penelitian Lingkungan Hidup dan Sumberdaya Alam Unsrat Manado, serta Ratna Arianthi dari AJI Indonesia.

Sedangkan peserta seminar terdiri dari berbagai unsure seperti Walhi, LBH Manado, Yayasan Suara Nurani Minaesa, Kantor Penghubung Komisi Yudisial, Pers Mahasiswa Politekhnik Negeri Manado, serta kalangan media masa. Turut hadir sejumlah undangan seperti perwakilan dari Pemprov Sulut, Korem, Kodim, Polresta dan Dinas Pendidikan kota Manado.

Sumber: www.manadosatu.com

Posted in Berita.