Laga Persahabatan, AJI Manado Taklukkan JIPS 6-2

Manado – TIM sepakbola Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado tampil perkasa dan ‘membantai’ Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS) dengan skor telak 6 – 2, dalam pertandingan persahabatan yang di lapangan Kantor Gubernur Sulut, Jumat (08/05) kemarin.

Gol-gol AJI Manado dicetak Ketua Yoseph E Ikanubun (Harian METRO), Sekretaris Fernando Lumowa (Tribun Manado), Billy Lintjewas (Komentar) dan Stenly Scott Lonteng (Komentar). Sedangkan dua gol penghibur JIPS dilesakkan Kasat Pol PP Pemprov Sulut, Roy Mewoh dan Simon Making (Komentar).

Laga baru berjalan sekitar tiga menit, Ikanubun yang berposisi sebagai penyerang sudah menjebol gawang JIPS. Menerima sodoran umpan matang dari Ficko Onga di sisi kanan pertahanan lawan, satu sentuhan Ikanubun berhasil menjebol gawang setelah mengecoh kipper JIPS, Rolf Lumintang (Harian METRO).

Skor  1 – 0 tidak bertahan lama.  Tendangan bebas bek AJI, Reza Taliwongso (Koran Manado) yang disambut sundulan Lintjewas kembali memaksa Lumintang untuk memungut bola dari gawangnya. Babak pertama diakhiri dengan satu sontekan manis dari Lumowa yang membawa AJI unggul 3 – 0 di paruh pertama pertandingan.

Tak ingin kehilangan muka di depan pendukungnya sendiri, begitu babak kedua dimulai, JIPS yang dimotori Donny Aray (Kompas TV), Ronald Rorong (Kawanua Post), Karel Polakitan (LKBN Antara), dan Jamaluddin (RAL FM), langsung menekan pertahanan AJI Manado. Lini pertahanan yang dikawal Taliwongso, Marvil dan Marchell Supit (Komentar) mendapat ujian berarti. Hasilnya satu gol berhasil dicetak Mewoh untuk memperkecil skor menjadi 1 – 3.

Kemasukan satu gol, AJI justru meningkatkan serangannya. Lewat satu dua sentuhan antara Frangky Kota (Komentar), Billy Lintjewas (Komentar) dan Lumowa, satu peluang berhasil diselesaikan dengan baik oleh Scott. Skor 4 – 1 tak bertahan lama. JIPS memperkecil ketinggalan lewat titik putih setelah Taliwongso menyentuh bola di dalam kota pinalti. Making yang maju sebagai eksekutor berhasil menjobol gawang AJI Manado.  2 – 4, JIPS masih tertinggal.

Di sisa pertandingan, AJI Manado malah menambah lagi dua gol melalui kaki Ikanubun dan Lumowa sekaligus mengunci pertandingan itu dengan skor 6 – 2. “Hari ini AJI memang tampil lebih baik, dan unggul atas kami. Kami siap bertanding di waktu mendatang,” ujar Aray, Ketua JIPS yang diiyakan rekan-rekannya.  Sementara Lumowa mengatakan, AJI Manado siap menerima tantangan pertandingan ulang melawan JIPS. “Kami siap bertanding lagi,” ujar Lumowa.

Kabag Humas Setdaprov Sulut, Yahya Rondonuwu didampingi Kasubag Humas Alfrets J Rambing  mengungkapkan, pertandingan itu untuk mempererat komunikasi antar wartawan dan pejabat Pemprov Sulut. “Berikut kita jadwalkan AJI Manado melawan pejabat Pemprov Sulut,” tantang Rambing yang disambut tim AJI Manado.(***)

Posted in Berita.